SaLam Binjai Community

SaLam Binjai Community
kilometer NOL Sabang

Taman Budaya Tengku Amir Hamzah

By Setya50   Posted at   16:00   Wisata di sumatera utara No comments


salamsumu.blogspot.com

Tengku Amir Hamzah adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang lahir di Kota Tanjung Pura Langkat,Sumatera Utara pada tanggal 28 Februari 1911.Lahir di dalam  Kesultanan Langkat  beliau merupakan salah satu penerus Kesultanan ini.Namun karena terjadi konflik Sosial tahun 1946 di Sumatera Utara, beliau akhir nya wafat dalam peristiwa tersebut.






Dalam sejarah hidupnya,beliau dikenal sebagai sastrawan yang mahsyur pada jamannya.Menerbitkan puisi-puisi yang romantis,kaya akan cinta kasih .Baik untuk orang-orang yang di kasihi nya,lingkungannya dan lain lain.Beliau juga termasuk sastrawan periode Pujangga Baru. Sepeninggal beliau ,karyanya masih diterbitkan. Salah satu bait yang terkenal adalah

"Biarlah daku tinggal disini"
"Sentosa diriku disunyi sepi"
"Tiada berharap tiada berminta"
"Jauh dunia di sisi dewa"

Bait puisi tersebut tertulis di batu nisan beliau yaitu di area pemakaman Mesjid Azizi Tanjung Pura.






Dan untuk menghormati jasa-jasa beliau.Pemerintah Kabupaten Langkat pun mendirikan Taman Budaya Tengku Amir Hamzah.Sebuah taman yang terdiri dari beberapa bangunan ,Teater,dan taman.Bangunan yang berdiri ini dibuat untuk menempatkan perjalanan hidup beliau dan karyanya dan juga budaya dari Kabupaten Langkat.Teater yang dibuatpun untuk menampilkan hasil karya seni maupun acara pagelaran seni lainnya .Taman yang dibuat ,diharapkan menjadi tempat inspirasi agar timbul ide-ide membuat puisi yang bagus dan karya yang lainnya.





Tempat ini pun cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga,baik refreshing maupun liburan yang mengedukasi kita.Taman ini terletak di kota Stabat,sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Langkat.Jika Anda akan melakukan perjalanan ke Aceh ataupun dari Aceh menuju Kota Medan.Tidak ada salahnya untuk singgah ke Taman Budaya Tengku Amir Hamzah ini.

SaLam Lestari...

>

About the Author

Wendy Setiawan belajar menjadi jurnalis
View all posts by: BT9

0 komentar :

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

Terima kasih..
telah mengunjungi blog sederhana ini.

berkomentar dengan baik dan sopan adalah budaya negeri kita, Indonesia.

jika ingin bergabung ataupun bekerja sama, silahkan ke fb page kita : SahabatAlam

Dan untuk shared artikel dan foto jangan lupa sertakan Link blog ini

About Our Blog

© 2013 Keindahan Wisata Alam Sumatera Utara . WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates . Powered by Blogger .